TIPS MENGIRIM LAMARAN LEWAT EMAIL ATAU ONLINE

Memanfaatkan situs internet sebagi peluang untuk mencari kerja belakangan ini memang banyak dilirik orang. Kini telah banyak orang yang bisa memetik keuntungan dari pencarian kerja melalui internet. Meski terkesan mudah, masih banyak orang yang bingung bagaimana cara melakukannnya. Berikut ini beberapa persiapan yang harus dilakukan untuk mecari data lowongan kerja secara cermat didunia maya. Pertama, untuk menghemat anggaran gunakan koneksi internet yang paling murah, caranya bisa melalui warnet atau ke teman yang mempunyai koneksi secara unlimited. Kedua, pakailah web browser yang tergolong cepat seperti Firefox atau Opera. Ketiga, catatlah alamat web yang telah Anda dapatkan, lalu simpan di bookmark, agar suatu saat Anda ingin mengunjungi kembali situs tersebut Anda tinggal cari di bookmark.Selain menghemat waktu, juga menghemat waktu koneksi internet.
Keempat, buatlah alamat e-mail yang sesuai atau mirip dengan nama Anda. Hal ini dimaksudkan agar HRD perusahaan lebih mudah mencari data serta spesifikasi Anda. Kelima, gunakan web mail gratis macam Yahoo atau Gmail. E-mail ini juga nantinya berfungsi sebagai alat komunikasi antara pelamar dan penyedia kerja. Setelah persiapan pertama dilakukan, mulailah kita berburu lewat beberapa situs yang memuat mengenai lowongan pekerjaan. Beberapa langkah berikut tidak boleh anda sepelekan di antaranya.

1. Putuskan apakah Anda akan memasukkan lamaran lewat situs resmi perusahaan atau lewat portal forum lamaran kerja. Setelah itu, jangan terlalu banyak memasukkan lamaran dan data diri ke berbagai situs, usahakan maksimal ke dua atau tiga situs saja. Karena banyak perusahaan yang menginformasikan lowongan pekerjaan ke beberapa situs. Jika kita mengirim lamaran ke banyak situs, dikhawatirkan nama kita beberapa kali akan muncul. Hal ini akan menimbulkan kesan yang kurang baik. Ada kesan Anda sebagai pencari kerja memang kesulitan mencari kerja sehingga perusahaan yang membutuhkan pekerja yang profesional jadi kurang tertarik dengan Anda.

2. Meskipun pelamar kerja lewat internet tak bisa melampirkan lembar referensi yang telah kita miliki, untuk lebih meyakinkan si penyeleksi, ada baiknya Anda menyebutkan latar belakang pendidikan, deretan prestasi, dan pengalaman kerja pada resume Anda. pakailah format pdf atau word. Usahakan penulisannya tidak terlalu banyak dan tidak terlalu pendek, antara 100 -200 kb. Hal itu dimaksudkan agar memudahkan HRD perusahaan men-download file resume Anda.

3. Ketika memasukkan resume lewat situs pencari kerja, pastikan lamaran telah disusun dengan format susunan yang baik. Usahakan rapi dan enak dibaca. Sebagai standar Anda bisa gunakan jenis huruf arial, verdana, atau time new roman dengan ukuran berkisar antara 10 – 12 pt.

4. Kirimkan pula sampul pembuka surat lamaran. Di sana Anda bisa mencantumkan bagian apa yang Anda minati pada perusahaan tersebut. Ini akan memudahkan si penyeleksi. Jangan lupa cantumkan pula alamat dan no telefon Anda agar mudah dihubungi.

5. Masukkan atau kirim lamaran kerja Anda pada posisi kerja yang Anda minati atau terbaik menurut keahlian dan pengalaman Anda. Jika kita melamar pada sembarangan posisi, padahal tidak sesuai dengan kriteria perusahaan, hal ini justru akan merusak citra kita sendiri. Lebih baik lamaran tetap fokus pada kompetensi dan persyaratan perusahaan. Anda bisa mencari berbagai macam katagori lamaran di beberapa situs terkenal pencari kerja dengan cara mendaftarkan diri. Bukan hanya berbagi lowongan, namun situs ini juga biasanya juga memberi tips-tips jitu dunia kerja.

6. Update lamaran Anda sesering mungkin. Dengan memperbarui data pribadi aAda. Data yang tak pernah diperbarui akan memengaruhi penilaian pada resume yang Anda tawarkan.
Banyak yang menyatakan bahwa mereka tidak pernah memperoleh respons atau panggilan untuk wawancara walaupun beberapa lamaran telah dikirimkan, serta berbagai tips dan trik telah dilakukan. Hal tersebut bisa terjadi karena beberapa kemungkinan. Salah satunya mungkin saja mengirimkan lamaran pekerjaan lowongan pekerjaan yang sudah kedaluwarsa, sehingga lowongan tersebut sudah terisi atau juga mungkin kualifikasi pelamar tidak memenuhi persyaratan perusahaan. Jadi, ada baiknya Anda terus berburu kerja lewat dunia maya ini, siapa tahu suatu saat ada lowongan kerja yang berjodoh dengan Anda.

(Desy Natalia/berbagai sumber/Pikiran Rakyat).***

Source: http://www.situslowongankerja.com/tips-trik/mengirim-lamaran-online.html

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: